PEMODELAN DESAIN GRAFIS
Tugas 1
- Konsep dan Pengertian
- Desain
Desain merupakan suatu
kegiatan kreatif yang menghasilkan sebuah rancangan ataupun hasil jadi yang
inovatif sesuai denga keilmuan dan profesi khusus yang dijalani dan memiliki
prinsip dan unsur yang sama.
- Pemodelan
Model adalah rencana,
representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep,
yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa
model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis.
- Grafik (Grafis)
Grafik atau Grafis identik
dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara
membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan.
Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi
model dan citra.
- Desain dan Pemodelan Grafik
Desain dan Pemodelan
Grafik adalah suatu proses
menciptakan objek berupa citra (gambar rancangan, citra komputer) yang dibuat
untuk informasi, ilustrasi, atau hiburan yang dibuat melalui aplikasi komputer.
2. Elemen - Elemen
- Garis (Line)
Sebuah garis adalah
unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik poin yang lain
sehingga berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
- Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal
yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
- Tekstur (Texture)
Tekstur merupakan
tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara
dilihat atau diraba
- Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak
suatu bentuk dengan bentuk lainnya, biasa dijadikan unsure untuk member efek
estetika dan dinabika desain grafis.
- Ukuran (Size)
Ukuran merupakan unsur
lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
- Warna (Color)
Warna merupakan unsur
penting dalam obyek desain.
3. Teknologi yang menggunakan Pemodelan Desain Grafis
Seiring kemajuan jaman,
Pemodelan Desain Grafis pun masuk ke ranah teknologi yang dimana memudahkan
para desainer untuk membuat sebuah desain grafis menggunakan perangkat lunak.
Beberapa perangkat lunak
yang sering di gunakan :
- Addobe Photoshop
- Addobe Illustrator
- CorelDraw
- Paint
- Gimp
4. Aplikasi Desain Grafik berbasis Web
Aplikasi
berbasis browser menjadi lebih dan lebih umum, dan kelangsungan hidup mereka
untuk penggunaan dalam desain web terus meningkat. Tentu, mereka mungkin tidak
memiliki suara mendengus penuh dari aplikasi berbasis desktop, namun tetap saja
sangat kuat, dan mereka datang dengan tunjangan yang biasanya tidak Anda
temukan dalam perangkat lunak biasa.
Beberapa
aplikasi desain di browser :
- Figma
- Grafit
- Vector
- BoxySVG
Komentar
Posting Komentar