PEMODELAN DESAIN GRAFIS

Tugas 1


  1. Konsep dan Pengertian

  • Desain

Desain merupakan suatu kegiatan kreatif yang menghasilkan sebuah rancangan ataupun hasil jadi yang inovatif sesuai denga keilmuan dan profesi khusus yang dijalani dan memiliki prinsip dan unsur yang sama.

  • Pemodelan


Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.

  • Grafik (Grafis)

Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
  • Desain dan Pemodelan Grafik

Desain dan Pemodelan Grafik adalah suatu proses menciptakan objek berupa citra (gambar rancangan, citra komputer) yang dibuat untuk informasi, ilustrasi, atau hiburan yang dibuat melalui aplikasi komputer.

2. Elemen - Elemen


  • Garis (Line)

Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik poin yang lain sehingga berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

  • Bentuk (Shape)

Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.

  • Tekstur (Texture)

Tekstur merupakan tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba

  • Ruang (Space)

Ruang merupakan jarak suatu bentuk dengan bentuk lainnya, biasa dijadikan unsure untuk member efek estetika dan dinabika desain grafis.

  • Ukuran (Size)

Ukuran merupakan unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.

  • Warna (Color)

Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain.

3. Teknologi yang menggunakan Pemodelan Desain Grafis


Seiring kemajuan jaman, Pemodelan Desain Grafis pun masuk ke ranah teknologi yang dimana memudahkan para desainer untuk membuat sebuah desain grafis menggunakan perangkat lunak.

Beberapa perangkat lunak yang sering di gunakan :
  1. Addobe Photoshop 
  2. Addobe Illustrator 
  3. CorelDraw 
  4. Paint 
  5. Gimp 

4. Aplikasi Desain Grafik berbasis Web


Aplikasi berbasis browser menjadi lebih dan lebih umum, dan kelangsungan hidup mereka untuk penggunaan dalam desain web terus meningkat. Tentu, mereka mungkin tidak memiliki suara mendengus penuh dari aplikasi berbasis desktop, namun tetap saja sangat kuat, dan mereka datang dengan tunjangan yang biasanya tidak Anda temukan dalam perangkat lunak biasa.


Beberapa aplikasi desain di browser :
  1. Figma 
  2. Grafit
  3. Vector
  4. BoxySVG




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Tugas 3 : Dokumen Legalitas Perusahaan & Contohnya

Tugas 4 : Struktur Organisasi PT Astra Graphia Tbk